Tel: (021) 75791260 Email: helpdesk@bppt.go.id

KUNJUNGAN KERJA KE DIREKTORAT INDUSTRI MARITIM, ALAT TRANSPORTASI DAN ALAT PERTAHANAN, DIRJEN ILMATE

Pada pekan ke-4 Mei 2019, tim Industri Manufaktur Transportasi Darat dan Kemaritiman, PPIMTE, melakukan kunjungan kerja ke Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan, Dirjen ILMATE, Kementerian Perindustrian. Pada kesempatan tersebut, tim PPIMTE diterima oleh Kasie Indusri Maritim, Bapak Reno. Di awal pertemuan, tim PPIMTE menyampaikan platform Pengembangan Industri PerkeretaApian yang telah disusun sejak tahun 2018. Diskusi berlanjut megenai peningkatan TKDN yang telah dilakukan oleh Kementrian perindustrian khususnya di bidang perkapalan. Beberapa hal yang telah dilakukan oleh kementrian Perindustrian antara lain:

  • Menyusun kriteria komponen yang layak untuk dikembangkan, diantaranya: penggunaan teknologi sederhana; jumlah komponen yang dibutuhkan; telah dibuat oleh industri dalam negeri
  • Melakukan pendampingan terhadap industri komponen, sehingga produk-produknya dapat disertifikasi dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).
  • Mengkaji tata cara perhitungan TKDN dengan mengevaluasi kembali nilai rekayasa/desain dalam pembuatan produk.
  • Menyusun standarisasi kapal untuk meningkatkan efisiensi produksi sehingga dapat menurunkan harga.

Diskusi ini merupakan awal penjajakan kerjasama antara PPIMTE dengan Kementrian perindustrian. Pengumpulan data dan informasi awal ini dapat membantu kajian yang sedang dilakukan oleh tim Industri Manufaktur Transportasi Darat dan Kemaritiman, PPIMTE.  (ads)

Statistik Pengunjung

5.png0.png4.png3.png5.png
Today13
Yesterday73
This week239
This month1879
Total50435

Facebook PPIMTE

Twitter PPIMTE

Instagram PPIMTE