Tel: (021) 75791260 Email: helpdesk@bppt.go.id

KUNJUNGAN KERJA KE DIREKTORAT JENDRAL ILMATE, KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN

Pada minggu ke-4 April tim Kajian Kebijakan Teknologi Industri Elektronika-PPIMTE melakukan kunjungan ke Direktorat Jendral Ilmate, Kementrian Perindustrian guna sharing knowledge mengenai: 1) Potensi Pengembangan AIS untuk dikembangkan dalam skala industri; 2) bahasan peraturan Kemendag no 85 tahun 2016 tentang impor bea masuk tertentu; 3) bahasan mengenai permasalahan dan tantangan pengembangan industri komponen khususnya elektronika di dalam negeri.

Tim PPIMTE melakukan kunjungan ke Direktorat Jendral Ilmate, Kementrian Perindustrian. Direktur Telematika dan Elektronika, Bapak Janu  Suryanto berdiskusi langsung dengan tim PPIMTE diskusi mengenai beberapa hal diantaranya mengenai TKDN. 

Tim PPIMTE BPPT menyampaikan informasi mengenai  potensi pengembangan AIS untuk dikembangkan dalam skala industri. Hal ini disambut baik dan diberi respon positif oleh pihak Kemenperin. Selain itu Kemenperin juga memberi masukan agar segera dilakukan pengurusan lisensi.

Terkait TKDN untuk komponen elektronika, Direktur Telematika dan Elektronika menyampaikan adanya peraturan Kemendag no 85 tahun 2016 tentang impor bea masuk tertentu. Peraturan ini diindikasikan sebagai salah satu kendala dalam pengembangan industri nasional, karena dengan adanya peraturan tersebut akan membuka keran impor khususnya dari China, termasuk untuk barang elektronika . Selain itu juga dengan adanya FTA, pembebasan bea masuk 0% untuk barang-barang impor membuat banyaj produk dalam negeri yang kalah bersaing.

Masih terkendalanya industri komponen di dalam negeri, karena di Indonesia sendiri masih bersifat sebagai industri integrator yang masih memiliki ketergantungan impor bahan baku dan juga bahan pendukung untuk komponen, khususnya dalam industri elektronika.

Dengan diskusi awal ini, diharapkan PPIMTE akan dapat memberi masukan dan rekomendasi khususnya bagi kementrian perindustrian dalam memecahkan permasalahan pengembangan TKDN di industri.

Statistik Pengunjung

3.png7.png6.png6.png7.png
Today22
Yesterday81
This week549
This month361
Total37667

Facebook PPIMTE

Twitter PPIMTE

Instagram PPIMTE